Proyek Belajar orang dewasa
(The adult learning project)
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan orang dewasa adalah ilmu tentang memimpin atau membimbing orang dewasa atau ilmu mengajar orang dewasa. Dalam pendidikan orang dewasa bertujuan untuk menstimulasi orang dewasa agar mampu melakukan pencarian pengetahuan yang sesuai dengan proses menjalalni kehidupan secara indvidu maupun secara kolektif dalam bermasyrakat. Pada dasarnya pendidikan orang dewasa berlangsung terus menerus selama manusia masih hidup. Jadi dalam melaksanakan pendidikan orang dewasa berkaitan dengan kebutuhan.
Proyek Belajar Orang Dewasa
Proyek belajar orang dewasa merupakan suatu upaya belajar yang berkelanjutan, yang direncanakan dengan matang dan terdiri dari serangkayan episode yang berhubungan.
Contoh Proyek belajar : Pelatihan Analisis Advokasi Kebijakan Anggaran
1 | Judul Proyak Beljar | PELATIHAN ANALISIS ADVOKASI KEBIJAKAN ANGGARAN |
2 | Tujuan | Peserta ( Mahsiswa IPB) mengetahui dan mengerti pengelolahan anggaran publik |
3 | Waktu | 2 hari (2 episode / 12jpl @ 45 menit) terdiri atas: 6 jpl (270 menit) episode/ hari |
4 | Materi / Pokok Bahasan | 1. Pengertian advokasi dan kebijakan anggara 2. Peraturan perundan-undangan advokasi kebijakan anggaran 3. Proses mekanisme penyusunan anggaran dan advokasi. |
5 | Tempat Pembelajaran | Puncak Bogor Kelurahan cisarwah Hotel Telaga damai |
6 | Metode pembelajaran | 1 Ceramah 2 Tanya jawab 3 Diskusi kelompok 4 Presentasi 5 Diskusi panel |
7 | Persyaratan minum Peserta | Peserta Mahasiswa IPB dan mendapat rekomendasi dari Program study |
rah8 | Referensi/ Alat bantu | 1. Pedoman advokasi kebijakan public 2. Metode advokasih 3. UU No 22 tahun 1999 tahap penyusunan aggaran. 4. UU No 24 tahun 2004 kerangaka hukum penggaran 5. UU No 32 tahun 2004 partisipasi masyrakat spil penyusunan aggaran 6. Kertas plano 7. Alat tulis |
9 | Hasil yang dicapai | Peserta memahami proses penggaran dan diharapkan mampu mengambil posisi dalm mengadvokaisi anggaran. |
10 | Biaya | 1. Biaya akomodasi, konsumsi dan bantuan transportasi pergi dan pulang (PP) ditanggung Panitia 2. Peserta memperoleh alat tulis, dan copy materi pembelajaran. |
Episode 1
1 | Judul Proyak Beljar | PENGERTIAN ADVOKASI, KEBIJAKAN, ANGGARAN DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAAN. |
2 | Tujuan | Peserta ( Mahsiswa IPB) mengetahui dan mengerti penelolahan anggaran publik |
3 | Waktu | 6 jpl @ 45 menit (270 menit) |
4 | Materi / Pokok Bahasan | 1. Pengertian advokasi, kebijakan dan anggaran 2. Dasar hukum advokasi, dan penyusunan anggaran |
5 | Tempat Pembelajaran | Puncak Bogor Kelurahan cisarwah Hotel Telaga damai |
6 | Metode pembelajaran | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi kelompok 4. Presentasi 5. Diskusi panel |
7 | Persyaratan minum Peserta | Peserta Mahasiswa IPB dan mendapat rekomendasi dari Program study |
8 | Referensi/ Alat bantu | 1. Pedoman advokasi kebijakan public 2. Metode advokasih 3. UU No 22 tahun 1999 tahap penyusunan aggaran. 4. UU No 24 tahun 2004 kerangaka hukum penggaran 5. UU No 32 tahun 2004 partisipasi masyrakat spil penyusunan aggaran 6. Kertas plano 7. Alat tulis |
9 | Hasil yang dicapai | Peserta memahami proses penggaran dan diharapkan mampu mengambil posisi dalm mengadvokaisi anggaran |
10 | Biaya | 1. Biaya akomodasi, konsumsi dan bantuan transportasi pergi dan pulang (PP) ditanggung Panitia 2. Peserta memperoleh alat tulis, dan copy materi pembelajaran. |
Episode 2
1 | Judul Proyak Beljar | PROSES PENYUSUNANA, DAN MEKANISME ADVOKASI ANGGARAN |
2 | Tujuan | Peserta ( Mahsiswa IPB) mengetahui dan mengerti penelolahan anggaran publik |
3 | Waktu | 6 jpl @ 45 menit (270 menit) |
4 | Materi / Pokok Bahasan | 1. Proses mekanisme penyusunan amggaran 2. Prose advokasi anggaran |
5 | Tempat Pembelajaran | Puncak Bogor Kelurahan cisarwah Hotel Telaga damai |
6 | Metode pembelajaran | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi kelompok 4. Presentasi 5. Diskusi panel |
7 | Persyaratan minum Peserta | Peserta Mahasiswa IPB dan mendapat rekomendasi dari Program study |
8 | Referensi/ Alat bantu | 1. Pedoman advokasi kebijakan public 2. Metode advokasih 3. UU No 22 tahun 1999 tahap penyusunan aggaran. 4. UU No 24 tahun 2004 kerangaka hukum penggaran 5. UU No 32 tahun 2004 partisipasi masyrakat spil penyusunan aggaran 6. Kertas plano 7. Alat tulis |
9 | Hasil yang dicapai | Peserta memahami proses penggaran dan diharapkan mampu mengambil posisi dalm mengadvokaisi anggaram. |
10 | Biaya | 1. Biaya akomodasi, konsumsi dan bantuan transportasi pergi dan pulang (PP) ditanggung Panitia 2. Peserta memperoleh alat tulis, dan copy materi pembelajaran. |
DAFTAR PUSTAKA
Tought. A, 1975. The Adult’s Learning Project A fresh Approach to Theory and Practice in Adult Learning. Research in Education Series No. 1 The Ontario Institute for Studies in Education. Prentted in Canada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar